5 Bidang UMKM Paling Digemari di Indonesia

Penulis: Clinsen Fardidi • 26 April 2024

Bazaar in Asia

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, tercatat ada 64,2 juta unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pada tahun 2021.

Umumnya UMKM berdiri sendiri oleh perseorangan atau perusahaan. Meskipun berskala kecil, tidak menutup kesempatan para pelaku bisnis UMKM untuk bersaing dan terus berkembang. Berdasarkan pelaku dan konsumennya, berikut merupakan jenis-jenis UMKM yang paling digemari di Indonesia.

  1. UMKM Bidang Kuliner

Bisa dikatakan bisnis kuliner merupakan bisnis yang dapat bertahan di kondisi krisis. Selain karena makanan menjadi kebutuhan setiap orang, keragaman varian makanan juga menjadi salah satu alasan bisnis ini akan selalu digemari. Oleh karena itu banyak terdapat pedagang makanan dan minuman di mana-mana.

Tidak perlu khawatir akan pesaing, bisnis kuliner sangat mungkin untuk memiliki pasarnya karena selera dan cita rasa orang berbeda-beda. Meskipun produknya sama, para pelaku bisnis UMKM bisa memastikan keunggulan produk mereka, dari cita rasa, pengemasan, dan ciri khas produk.

  1. UMKM Bidang Fashion

Dunia fashion menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati masyarakat. Bisnis di bidang fashion dapat dibedakan dari fungsi dan gaya tren terkini. Terlebih fashion akan selalu ada pembaruan atau pengulangan tren yang dapat menjadi peluang para pelaku bisnis.

Sekarang, para pelaku bisnis sudah banyak berkreasi dan berinovasi untuk menunjukan kelebihan dari setiap produk fashion yang dijualnya. Selain yang memproduksi sendiri, ada juga yang mulai dengan menjadi reseller atau dropshiper.

  1. UMKM Bidang kecantikan

Bisnis bidang kecantikan sudah begitu populer beberapa tahun terakhir. Dapat dilihat dari perilaku konsumen terutama perempuan, tentu mereka membutuhkan make-up atau pun perlengkapan perawatan kecantikan lainnya.

Para pelaku bisnis ini biasanya menonjolkan kelebihan produknya yang dapat menjawab permasalahan kecantikan atau lainnya. Untuk produk yang lebih diminati biasanya merupakan produk dengan bahan-bahan berkualitas dan alami. Produk-produk kecantikan cukup beragam jenisnya seperti produk perawatan muka, perawatan badan, atau lainnya.

  1. UMKM Bidang Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi dan dunia digital, tentu saja bisnis dalam bidang ini pun ikut digemari di Indonesia. Hal ini juga didukung dengan kebutuhan digital masyarakat yang terus meningkat.

Bisnis bidang digital ini cukup berbeda dengan bisnis lainnya, karena hampir semua bentuk transaksinya dilakukan dengan cara online. Bisnis UMKM yang biasa ditemui berupa bisnis jasa seperti jasa mendesain grafis, desain situs web, penulisan konten iklan, sosial media dan sejenisnya.

  1. UMKM Bidang Agribisnis

Lahan luas dan tanah subur menjadikan Indonesia memiliki potensi untuk dijadikan sebagai lini usaha menanam bahan pokok makanan. Dengan tingkat kebutuhan akan bahan pokok dan pangan yang tinggi, dapat memberikan kesempatan pada pelaku agribisnis.

Para pelaku agribisnis biasanya memanfaatkan lahan untuk menanam sayur, buah, atau padi sekalipun yang merupakan bahan pokok pangan. Selain itu, pelaku agribisnis juga bekerja sama dengan para petani untuk menjual hasil panennya, sehingga menjangkau pasar yang lebih luas

Nah itu beberapa jenis UMKM paling digemari di Indonesia. Gimana kamu tertarik untuk mencoba yang mana?

Artikel Terbaru

4 Peluang Usaha yang Diprediksi Booming di 2024

Buat kamu-kamu para pengusaha, tahun 2024 ini mungkin bisa jadi tahun yang hoki buat kamu dengan segala peluangnya. Di tahun naga kayu ini, diprediksi akan menjanjikan bagi beberapa peluang bisnis yang menarik. Makanya, inilah saatnya kamu berani mengambil langkah buat eksplorasi tren peluang usaha yang diprediksi akan booming.  Berikut ini adalah 4 peluang usaha yang […]

Friday April 26, 2024

5 Bidang UMKM Paling Digemari di Indonesia

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, tercatat ada 64,2 juta unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pada tahun 2021. Umumnya UMKM berdiri sendiri oleh perseorangan atau perusahaan. Meskipun berskala kecil, tidak menutup kesempatan para pelaku […]

Friday April 26, 2024

3 Teknik Foto Produk Simple Ala Rumahan

Haka Foto, Bandung. Memiliki usaha sampingan dengan menjual ragam produk kehidupan sehari-hari mampu menjadi peluang pendapatan. Dalam proses penjualan produk tak hanya sampai pada proses produksi saja, melainkan terdapat proses promosi yang kadang kali terlewatkan. Salah satu proses promosi yang dapat dilakukan yakni pengemasan produk. Akses internet yang mudah dan hadirnya berbagai marketplace menyediakan layanan […]

Friday April 26, 2024