7 Cara Omset Bisnis UMKM Kamu Melesat

Penulis: Wisnu Dwiyon • 26 April 2024

cottonbrostudio/Pexels

Haka Foto, Bandung. Mengelola bisnis secara online menjadi salah satu cara orang mampu mendapatkaan penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama. Era digital yang semakin maju dengan ragam marketplace yang tersedia memungkinkan siapapun untuk berbisnis secara online. Bisnis online sendiri menawarkan prospek omset yang menjanjikan.

Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kini sudah didukung penyediaan teknologi dan layanan digital. Sebut saja Shopee, Lazada, Tokopedia, bahkan Tiktok mampu menjadi tempat menjual produk maupun jasa yang ditawarkan.

Salah satu alasan bisnis online mampu menjadi peluang yang perlu dipertimbangkan adalah sisi fleksibilitas. Bisnis yang dijalankan secara online mampu dikerjakan dari mana saja dan kapan saja selama akses internet ada.

Untuk menunjang peluang yang lebih besar bagi bisnis UMKM secara digital, ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  1. Memilih Produk atau Jasa Berkualitas

Ada banyak jenis produk dan barang yang bisa dijadikan bisnis. Pilihlah barang yang mudah menemukan pasar atau disukai oleh pelanggan, sehingga produk atau jasa yang kamu jual lebih diminati oleh pelanggan. Beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu jual mengutip dari laman Tokopedia, yaitu buah-buahan, keripik, kopi kemasan, camilan instan, obat herbal, vitamin, hiasan tanaman, earphone, speaker, kabel data, hingga charger handphone.

  1. Modal yang Cukup

Modal bisa jadi salah satu aspek yang penting ya, sebelum kamu membuka usaha di marketplace. Modal tak hanya berbicara soal materi seperti uang. Modal bisa jadi berupa aset, sumber daya manusia, waktu, dan lain-lain.

Nah sambil berjalan ada baiknya kamu meyisihkan sebagian uang untuk melengkapi modal-modal lainnya. Mulailah dengan modal paling efektif dan efisien.

  1. Riset Market

Bisnis UMKM kamu sudah mulai jalan? Saatnya melakukan pemetaan atau riset pasar. Buat analisis sederhana menggunakan metode Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Cari tahu kelebihan produk yang dijual apa, kelemahannya apa, peluangnya apa, dan ancamannya apa. Selain itu cari juga produk sejenis milik kompetitor. Mulailah analisis dengan metode yang sama.

Dengan begitu kamu bisa menemukan cara kreatif untuk membuat produkmu unik. 

  1. Atur Strategi Marketing

Setelah memiliki produk yang jelas, modal, dan riset pasar, selanjutnya adalah mengatur strategi marketing. Setiap pengusaha pasti punya caranya sendiri untuk menarik konsumennya menggunakan strategi marketing.

Beragamnya marketplace dan e-commerce yang ada, penerapan strategi marketing dengan konsep affiliate marketing bisa kamu coba. Sederhananya setiap penjualan produk yang dilakukan oleh orang lain atau konsumen loyalmu, secara otomatis mereka akan mendapatkan komisi keuntungan.

  1. Kualitas Foto dan Video Pengemasan

Untuk membangun keyakinan konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu jual, kualitas visual baik foto ataupun video perlu diperhatikan. Secara online konsumen tidak bisa merasakan, memegang, apalagi menggunakan produk yang kamu jual.

Maka buatlah foto atau video peragaan (tutorial) yang mampu meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual layak untuk dibeli dengan kualitas yang excellent.

  1. Gabung Komunitas Bisnis Online

Membangun hubungan bersama sesama pemilik bisnis UMKM akan menambah infomasi dan ilmu dalam dunia bisnis. Tentu ini akan menunjang kelangsungan bisnis yang sedang dibangun.

Mengutip Accurate, pertemuan dengan komunitas bisnis bisa membangun jejaring yang lebih luas. Selain itu para pemilik usaha juga mampu mendapatkan sesi sharing terkait bisnis dan mendengarkan pengalaman bisnis pengusaha lainnya.

  1. Mulai Bangun Brand

Dalam sela waktu berjualan, kamu perlu mulai memikirkan juga identitas bisnismu. Mulailah membangun brand dari produk yang kamu miliki, mulai dari menentukan nama, logo, warna kemasan, tagline, hingga berbagai tampilan dan kesan yang bisa tertanam di benak konsumen.

Membangun brand berarti membuat produk kamu berbeda dengan yang lain. Sehingga ada alasan mengapa orang lain harus membeli produkmu dibanding kompetitor.

Gimana? Sudah lebih tercerahkan bukan untuk meraih omset lebih banyak sehingga bisnismu kian melesat. Membangun bisnis adalah perjalanan panjang yang penuh tantangan. Untuk itu selalu semangat membangun dan belajar dari setiap perjalanannya. ***

Artikel Terbaru

4 Peluang Usaha yang Diprediksi Booming di 2024

Buat kamu-kamu para pengusaha, tahun 2024 ini mungkin bisa jadi tahun yang hoki buat kamu dengan segala peluangnya. Di tahun naga kayu ini, diprediksi akan menjanjikan bagi beberapa peluang bisnis yang menarik. Makanya, inilah saatnya kamu berani mengambil langkah buat eksplorasi tren peluang usaha yang diprediksi akan booming.  Berikut ini adalah 4 peluang usaha yang […]

Friday April 26, 2024

5 Bidang UMKM Paling Digemari di Indonesia

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, tercatat ada 64,2 juta unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pada tahun 2021. Umumnya UMKM berdiri sendiri oleh perseorangan atau perusahaan. Meskipun berskala kecil, tidak menutup kesempatan para pelaku […]

Friday April 26, 2024

3 Teknik Foto Produk Simple Ala Rumahan

Haka Foto, Bandung. Memiliki usaha sampingan dengan menjual ragam produk kehidupan sehari-hari mampu menjadi peluang pendapatan. Dalam proses penjualan produk tak hanya sampai pada proses produksi saja, melainkan terdapat proses promosi yang kadang kali terlewatkan. Salah satu proses promosi yang dapat dilakukan yakni pengemasan produk. Akses internet yang mudah dan hadirnya berbagai marketplace menyediakan layanan […]

Friday April 26, 2024